Mangrove Center Semakin Berbenah

on Wednesday, 27 November 2013. Posted in Berita

 

 

 

Disela-sela kunjungannya di APS, Dr. Ir. Andin H Taryoto, M.S menyempatkan mengunjungi Stasiun Lapangan Praktek (SLP) APS di Pulokerto Pasuruan. Tidak bisa dipungkiri bahwa kepemilikan SLP Pulokerto seluas 23,5 hektar yang semula dikelola BBPAP Situbondo menjadi milik APS merupakan dukungan dan perjuangan dari Pak Andin ketika masih menjabat sebagai Kepala Badan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan KKP pada tahun 2005.
Wajah SLP Pulokerto sekarang jauh berbeda dengan 8 tahun lalu seperti yang diungkapkan Dr. Andin. Lahan tambak SLP Pulokerto kala itu belum termanfaatkan secara optimal dan sebagian dikuasai penduduk setempat secara perlahan disulap APS menjadi stasiun lapangan praktek yang prospektif untuk pengembangan sumberdaya kelautan dan perikanan. Apalagi sejak dibangunnya gedung kantor dan asrama serta dipasangnya instalasi listrik dan PDAM maka SLP Pulokerto siap menjadi kampus cabang APS. Keberadaannya tak hanya dinikmati oleh Taruna APS namun SLP Pulokerto sudah menjadi lahan studi bagi mahasiswa perikanan lainnya di Jawa Timur.

 

 

 

 

 

 


Pada kesempatan yang sama, Direktur APS Dr. Endang Suhaedy yang turut hadir ini menjelaskan tentang konsep penerapan Blue Economy pada SLP Pulokerto, dimana dalam kawasan tersebut terdapat prinsip-prinsip dalam pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan dan bernilai tambah serta nir limbah sehingga didapat keuntungan ganda. Dr. Andin menanggapi positif konsep yang sesuai dengan regulasi KKP ini dan menginisiasi konsep pemanfaat SLP ini supaya dipublikasikan ke level yang lebih tinggi seperti level dunia. FAO misalnya yang sangat peduli terhadap konsep pelestarian lingkungan seperti yang dilakukan APS pada SLP Pulokerto ini berkemungkinan untuk dilakukan kerjasama penelitian dalam mengembangkan kawasan SLP Pulokerto ini.

 

 

 

Xsh00t